Tips Memperoleh Pekerjaan Pertama Sebagai Freelancer

Sumber : https://img-a.udemycdn.com/course/750x422/299160_4616_2.jpg

 Mencari penghasilan dollar, sebagai pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama, sudah banyak dilakukan pekerja dari Indonesia, meskipun tidak sebanyak dari negara tetangga kita, Filipina maupun sesama negara Asia lainnya, India.

Karena pekerjaan dari seluruh dunia, maka yang pertama adalah menguasai Bahasa Inggris, paling tidak bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, kecuali pekerjaan yang membutuhkan Bahasa Inggris sangat baik, seperti translator, writer berbahasa Inggris, Customer Support online berbahasa Inggris dan masih banyak pekerjaan lainnya.

Setiap platform mempunyai cara tersendiri dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Dan sebaiknya, freelancer memahami cara kerja satu platform dulu dengan baik, sebelum mencari pekerjaan freelance di tempat lain.

Beberapa platform kerja freelance yang banyak di kenal adalah :

1. Fiverr

Fiverr ini sangat dikenal terutama di kalangan desain grafis. Tetapi fiverr bukan hanya untuk pekerja freelancer di bidang desain grafis saja. Pekerjaan bidang digital marketing juga banyak di fiverr, baik yang menawarkan pekerjaan maupun yang mencari pekerja.

Di fiverr, yang ditampilkan adalah penawaran dari seller, berbeda dari platform lain, yang biasanya menampilkan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh klien. Untuk fiverr, freelancer membuat paket penawaran pekerjaan yang dilakukan dengan harga yang fix.

Misalnya, seorang digital marketer yang mempunyai akun instagram dengan follower yang banyak, menawarkan jasa posting di akun instagramnya dengan harga sekian dollar. Pembeli yang membutuhkan tinggal memilih penawaran-penawaran yang ada di fiverr sesuai kebutuhannya. Misalnya untuk jasa posting di Instagram, pembeli akan mencari niche (bidang) yang sesuai dengan barang atau jasa yang dijual klien.

Penawaran oleh pekerja freelance di fiverr ini biasa disebut gig. Biasanya, fiverr menempatkan gig dari freelancer - freelancer yang sudah senior di bagian paling atas pencarian. Tetapi bukan tidak mungkin seller baru bisa muncul di pencarian atas, perlu beberapa cara, di antaranya :

- Riset Keyword

Sebelum membuat gig, diperlukan riset kata kunci (keyword) terlebih dahulu sebagai judul gig. Keyword yang baik adalah yang mempunyai trafik tinggi tetapi kompetitor rendah. Mencari keyword trafik tinggi dan kompetitor rendah cukup sulit. Untuk itu buat long tail keyword - keyword dengan beberapa kata - untuk menyiasatinya

- Buat Video

Untuk profile gig, buat video sebagai profile depannya. Menurut penelitian, iklan dengan video, mendatangkan engagement (disukai, komen atau bagi) lebih banyak daripada iklan gambar. Merujuk pada penelitian iklan, saat membuat gig bisa mengikuti cara membuat iklan, dengan menggunakan video.

- Promosikan melalui Sosmed

Promosi melalui sosmed adalah cara efektif dan murah untuk memperkenalkan gig yang dijual freelancer. Agar menjangkau lebih banyak orang di sosial media, bisa bergabung dengan grup-grup di facebook atau forum-forum yang memperbolehkan anggotanya menawarkan jualannya.

- Tawarkan dengan Harga Terendah

Menawarkan harga terendah ini khusus untuk freelancer pemula. Tujuannya agar mendapat klien di awal-awal dan segera bisa membangun reputasi. Di saat reputasi sudah naik dan level seller juga sudah naik, harga bisa dinaikkan

2. Upwork

Upwork adalah platform freelance lain yang juga sangat dikenal dan banyak digunakan perusahaan besar di dunia untuk mencari tenaga kerja freelance. Saya sendiri pernah bekerja dengan Indeed, platform job search, melalui Upwork.

Upwork dulu dikenal dengan nama Odesk. Karena ada perpindahan saham dan sebagainya, Odesk bertransformasi menjadi Upwork saat ini.

Untuk mendaftarkan profile ke Upwork saat ini, tidak semudah beberapa tahun yang lalu. Bahkan sebelum melamar pekerjaan, mendaftarkan profile ke Upwork tidak langsung diterima. Ada beberapa trik agar profile cepat diterima :
  • Pastikan sudah mengisi profile di Upwork 100%. Bila belum 100% menurut penilaian Upwork, tidak akan di acc profile-nya
  • Buatlah keahlian yang unik, tidak terlalu general. Misalnya sebagai seorang translator, bukan general translator, tetapi bisa translation in law, in medical. Demikian juga seorang desain grafis, jangan profesinya general - desain grafis, tetapi misalnya bisa desain grafis untuk facebook ads, gdn (google display network)
Yang terpenting, profile diterima oleh Upwork terlebih dahulu. Setelah profile diterima, profile bisa diedit lagi disesuaikan untuk keperluan mencari pekerjaan freelance.

Sama seperti platform digital manapun, reputasi adalah tolak ukur calon pembeli maupun klien untuk platform kerja freelance. Jadi di saat awal mencari pekerjaan di Upwork, bisa menawar (bid) pekerjaan dengan harga di bawah yang ditawarkan oleh klien.

Di Upwork, terdapat 2 macam pekerjaan, yaitu Fixed Price yang project based dan hourly yang artinya rutin setiap minggu kerja berapa jam seperti permintaan klien.

Berbeda dengan Fiverr, di Upwork, klien lah yang membuat penawaran pekerjaan beserta harga yang bisa dibayar oleh klien. Karena saya pernah menjadi klien juga di Upwork, saat saya membuat penawaran kerja di Upwork, saya bisa melihat semua profil dan penawaran freelancer yang melamar ke pekerjaan yang saya posting.

Dari pengalaman sebagai klien tersebut, beberapa tips agar cepat dapat pekerjaan pertama sebagai freelance adalah :

  • Bid (tawar) pekerjaan di bawah nilai yang ditawarkan oleh klien. Hal ini agar mendapat pekerjaan yang pertama dan reputasi di profil Upwork
  • Buatlah daftar riwayat hidup yang terupdate. Yang paling mudah bisa membuat daftar riwayat hidup dengan Canva. Mengapa perlu daftar riwayat hidup ? Karena ada beberapa freelancer yang membuat daftar riwayat hidup dan dengan mudah dibaca oleh calon klien sebagai bahan pertimbangan untuk memilih calon pekerja
  • Saat menawar pekerjaan, berilah nilai lebih untuk klien. Misalnya kecepatan waktu mengerjakan project, saran untuk project-nya
  • Hanya melamar pekerjaan yang diposting kurang dari 24 jam oleh klien, kecuali pekerjaannya jarang yang apply. 
  • Untuk freelancer baru yang memiliki kelebihan dalam kemampuan finansial, lebih baik membayar untuk meningkatkan membership di Upwork menjadi membership Plus
  • Lamar pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan keahlian. Terlalu sering melamar akan mengakibatkan akun disuspend (ditangguhkan) oleh Upwork karena dianggap spam.